Pantau Karir Alumni, UIN Jambi Adakan Tracer Study 2022

Pantau Karir Alumni, UIN Jambi Adakan Tracer Study 2022

Humas UIN Jambi – Pendataan alumni pada sebuah perguruan tinggi sangat penting guna melihat eksistensi dan keberadaan dari lulusan tersebut. Setiap alumni diharuskan melakukan pengisian Tracer Study agar kampus dapat melacak dengan mudah perjalanan alumni setelah lulus kuliah terutama saat sudah masuk ke dunia kerja. 

Melalui Pusat Keterampilan Akademik Mahasiswa dan Pusat Karir Alumni UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi mengajak lulusan program sarjana dan pascasarjana lulusan Tahun 2017,2018,2019,2020 dan 2021 untuk mengisi Tracer Study tersebut. 

Ketua Pusat Keterampilan Akademik Mahasiswa dan Pusat Karir Alumni Nurlia Fusfita, M.Ec., mengatakan tracer study merupakan kegiatan survei yang dilakukan terhadap alumni guna menggali informasi mengenai persepsi alumni dan kualitas lulusan melalui kompetensi,pengajaran dan layanan yang telah dilaluinya, serta informasi lainnya yang berkaitan dengan transisi dari perguruan tinggi ke dunia kerja. 

“Kuesioner yang digunakan merupakan kuesioner yang sesuai dengan instrumen terbaru yang telah dirancang bersama dengan LPM UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Pengisian tracer study Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi 2022, bisa diisi melalui link resmi tracer studi Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi 2022 pada laman https://tinyurl.com/TracerStudyAlumni2022 ,” ujarnya dalam rilis yang diterima, Kamis (28/07).

Survey tracer study berlangsung sejak 25 Juli 2022 sampai dengan 12 Agustus 2022 mendatang. “Syarat responden dari pengisian tracer study Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi 2022 adalah para alumni yang telah mendapat predikat kelulusan dari Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi,” katanya. 

Penyebaran survei tracer study ini dilakukan oleh Tim Pusat Keterampilan Akademik Mahasiswa Dan Pusat Karir melalui Whatsapp Blast ke nomor pribadi Alumni Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi kemudian alumni bisa mengklik link yang telah diberikan.

 “Pusat Karir menjamin kerahasian data para lulusannya dan digunakan sesuai dengan kebutuhan tracer study Kemdikbud serta untuk peningkatan pendidikan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi,” tegasnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa Pusat Karir selalu berusaha mempersiapkan mahasiswa/alumni yang siap kerja, sehingga  menjadi mitra terpercaya bagi dunia industri dan dunia usaha dalam menjawab tantangan pasar kerja. 

“Di bawah naungan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi kami berkewajiban mengembangkan jaringan informasi sebagai media komunikasi antara kurikulum yang ada dengan trend pasar kerja. Oleh karena itu, Pusat karir sebagai penghubung antara dunia industri dan perguruan tinggi, serta sebagai fasilitator yang melengkapi perkembangan mahasiswa/alumni memiliki peran sangat penting dan strategis,” tutupnya.