Pascasarjana UIN STS Jambi Menargetkan 10 Paper Terbit pada Proceeding Terindeks Scopus

Pascasarjana UIN STS Jambi Menargetkan 10 Paper Terbit pada Proceeding Terindeks Scopus

HUMAS UIN SUTHA – Bertempat di aula sidang, Pascasarjana UIN STS Jambi mengadakan acara Coaching Clinic penulisan proceeding terindeks Scopus tanggal 17 Juni 2022. Kegiatan ini adalah rangkaian acara Konferensi Internasional ICESTIIS 2 (International Conference on Education, Science, Technology, Indonesian, and Islamic Studies 2) kerjasama antara UIN STS Jambi, UIN Jakarta, UIN Mataram, dan Umma University, Kenya. Tujuan utama Coaching Clinic ini adalah untuk meningkatkan kualitas naskah sehingga dapat terbit pada proceeding ICESTIIS 2/ICIIS 5 yang terindeks Scopus (20/06/22). 

 

 

Direktur Pascasarjana Prof. Dr. Ahmad Syukri, M.Ag, dalam sambutannya menyambut baik kegiatan ini, serta berharap agar kegiatan ini dijadikan sebagai tradisi yang dikembangkan di lingkungan Pascasarjana UIN STS Jambi. Direktur Pascasarjana dalam sambutannya menyampaikan: “Pascasarjana harus menjadi lokomotif perubahan pada UIN STS Jambi. Budaya menulis, budaya konferensi, dan budaya publikasi ilmiah harus menjadi ciri utama Pascasarjana UIN STS Jambi. Oleh karena itu, UIN STS Jambi menargetkan 10 paper dapat terbit pada konferensi kali ini.”
Rektor UIN STS Jambi menyampaikan apresiasi dan dukungan kepada Pascasarjana yang konsisten mengadakan kegiatan-kegiatan ilmiah seperti Konferensi Internasional. “Silakan teman-teman para dosen sekalian gunakan kesempatan ini untuk publikasi hasil penelitian kita masing-masing.” Seperti yang disampaikan Prof. Dr. H. Su’adi, MA., Ph.D, kala memberikan pesan khusus kepada para dosen dan civitas akademika melalui group WA. Kegiatan ilmiah ini sejalan dengan lokomotif perubahan dan Transintergrasi ilmu yang diusung oleh UIN STS Jambi untuk transformasi sosial. Harapannya dengan penelitian-penelitian yang dipublikasikan tersebut, dapat memberikan warna pada kebijakan yang berpengaruh pada kehidupan sehari-hari.

 

 

Kegiatan Coaching Clinic ini menghadirkan pemateri dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Ibu Siti Ummi dan Ibu Dewi Khairani. Selain itu, pemateri lokal Bapak Urip Sulistyo, Ph.D dari Universitas Jambi juga dihadirkan yaitu. Sementara peserta dihadiri oleh dosen dan mahasiswa di lingkungan UIN STS Jambi.

 

 

Format kegiatan ini berupa bedah paper, dimana ada delapan naskah yang dikirimkan kepada pemateri yang kemudian dibedah pada saat acara. Sehingga peserta dapat langsung belajar dari contoh naskah yang telah ditulis, serta dapat belajar dari masukan-masukan pemateri. Peserta yang hadir dapat langung berinteraksi dengan pemateri untuk meningkatkan kualitas naskah sehingga dapat menjadi naskah yang siap untuk dipublikasikan.

 

 

Kegiatan ini menjadi indikator bahwa UIN Jambi telah siap dalam melaksanakan konferensi internasional ICESTIIS 2/ICIIS 5. Bukan hanya itu, acara ini juga menjadi pertanda bahwa dosen-dosen di UIN Jambi telah memulai membangkitkan kembali tradisi akademik di lingkungan kampus.

______________________________________________________________

Redaktur: Azizi, S.Kom., M.Si

Editor: Maulana Abdul Ghaffar, S.IP