Home / Berita Terbaru / Persiapan Visitasi, LPM Gelar Sosialisasi AIPT

Persiapan Visitasi, LPM Gelar Sosialisasi AIPT

Dalam rangka persiapan visitasi Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT), Universitas Islam Negeri (UIN) Sulthan Thaha Saifuddin (STS) Jambi melalui Lembaga Penjaminan Mutu menggadakan sosialisasi AIPT, Kamis (29/11).

Acara yang bertempat di Aula MUI Kota Jambi ini, diikuti oleh tim pendampingan akreditasi tahun 2019, dan. hadir sebagai narasumber Prof. Dr. Suwito, MA dan Dr. Sururin, M. Ag.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan Prof. Dr. H. Su’aidi, MA,. Ph.D dalam sambutannya menyampaikan bahwa kinerja suatu perguruan tinggi adalah ditentukan oleh akreditasi, sehingga kita harus mengejar menjadi akreditasi A. “Sesuai amanat dari Dirjen Pendis, bahwa universitas di lingkungan PTKIN harus mengerjar akreditasi A, untuk itu kita perlu meningkatkan banyak hal agar tercapai nilai yang baik,”jelasnya.

“Melalui sosialisasi ini dapat menyamakan persepsi dan memperbaiki kesalahan untuk persyaratan mendapatkan akreditasi A. Ini merupakan tanggungjawab kita semua untuk mendukung kegiatan ini, dengan demikian tim dapat melakukan kerja yang optimal untuk memperoleh nilai yang baik.”harapnya.

Dr. Sururin dalam pemaparannya antara lain menyampaikan kesalahan yang sering dilakukan dalam pengajuan akreditasi instusi. Pada 1 september 2018 mulai di berlakukan AIPT 3.0 untuk institusi dan 4.0 untuk prodi. Menginginkan akreditasi A harus ditunjang dengan segala bentuk sarana seperti PD-DIKTI, sarana dan prasarana, SDM, dan lain-lain.

Dalam penjaminan mutu minimal ada 24 bagian penilaian (Penelitian, Pengabdian dan Pengajaran). Penilaian instrument yang dinilai:

  1. Mutu kepemimpinan dan kinerja tata kelola,
  2. Mutu dan produktivitas luaran, capaian dan dampak
  3. Mutu Proses
  4. Kinerja mutu input

 

About syafitri

Check Also

LPM UIN STS Jambi Gelar Sosialisasi Regulasi Sertifikasi Dosen 2018

Senin, 26 November 2018, Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi  kembali mengadakan …