PKMD Adakan Pelatihan Start UP Bisnis

PKMD Adakan Pelatihan Start UP Bisnis

UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi melalui Pusat Kajian Masyarakat Digital (PKMD) bekerjasama dengan BELANJO (Aplikasi Belanja Online Jambi) mengadakan Pelatihan Startup Bisnis untuk Mahasiswa.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Bahrul Ulum, MA di Laboratorium UTIPD, Senin (20/6). Ia mendukung pelatihan yang dapat membekali dan meningkatkan skill mahasiswa dan bagaimana mempersiapkan serta membina mahasiswa agar nantinya menjadi alumni yang siap bekerja. Selain itu kegiatan ini juga merupakan salah satu indikator kemajuan sebuah perguruan tinggi. Melalui pelatihan ini mahasiswa juga diharapkan dapat Merancang start up yang tidak hanya berguna bagi dirinya sendiri tetapi juga mempengaruhi akreditasi kampus.

Kedepan, juga akan diadakan tracer study yang dikelola Pusat Keterampilan Akademik Dan Karir Alumni dan juga Pusat Bisnis untuk mengukur dan memantau perkembangan mahasiswa setelah mengikuti pelatihan dan kegiatan-kegiatan lainnya sebagai tolak ukur perkembangan dan kemajuan mahasiswa.

Dalam laporannya Ketua Pusat Kajian Masyarakat Digital sekaligus Ketua Panitia M. Yusuf, M.S.I mengatakan workshop ini diadakan untuk menambah wawasan dan skill bagi mahasiswa di era digital.

Workshop di laksanakan selama 3 hari dan Peserta diikuti oleh mahasiswa yang telah mengikuti seleksi 78 orang dan lulus seleksi 17 mahasiswa dari 4 bidang keahlian (Programer, Digital Marketing, Desain Grafis dan Content Creator/Content Writer).

Setelah workshop ini akan dibentuk TIM Start up dan melakukan beberapa tahapan mulai dari Analisis Sistem, Perancangan Sistem sampai kepada Pengembangan Sistem.

Digital talent yang mengikuti kegiatan ini kedepannya akan menjadi cikal bakal berdirinya Startup Bisnis perdana dari Mahasiswa di UIN STS Jambi. Selain itu kegiatan ini akan berefek besar bagi akreditasi, penelitian, perankingan dunia bahkan smpai berefek ke BLU.

Turut hadir Wakil Dekan Fakultas Adab dan Humaniora, Wakil Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Kepala UPT Pengembangan Kewirausahaan dan Karir, Ketua Pusat Kajian dan Plt. Kepala UTIPD dan juga narasumber dari aplikasi Belanjo yaitu Chief Executive Officer Fajarudin Sidik, Chief Marketing Officer Ade Agung Kurniawan dan Chief Technology Officer Haryan Dwi Baharna.