Pramuka UIN Jambi laksanakan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar Golongan Penggalang (KMD-G) Tahun 2022

Pramuka UIN Jambi laksanakan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar Golongan Penggalang (KMD-G) Tahun 2022

HUMAS UIN SUTHA – Gerakan Pramuka Gugus Depan 02.581/02.582 Pangkalan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi menyelenggarakan kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar Golongan Penggalangan (KMD-G) Tahun 2022 (29/7/22).

Pelaksanaan kegiatan ini dimulai tanggal 29 Juli s/d 3 Agustus 2022. Bertempat di Bumi Perkemahan Raudhah At-Thalabah UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Peserta pada kegiatan KMD-G tahun 2022 ini diikuti oleh para peserta anggota penegak dewasa yang berumur 20 tahun mahasiswa UIN dan didominasi oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Proses pembukaan kegiatan ini dihadiri oleh Kwarda Jambi yang dalam hal ini diwakili oleh Kak Syahroni dan pihak Kwarcab Kabupaten Muaro Jambi Kak Martunus Kamal. Kegiatan ini secara resmi dibuka langsung oleh Dr. Bahrul Ulum, M.A selaku Wakil Rektor III sekaligus Kakak Pembina Gerakan Pramuka Racana Pangkalan UIN SUTHA Jambi dengan dampingi oleh para Wakil Dekan III di lingkungan UIN SUTHA Jambi, para kakak Pembina serta para pimpinan organisasi mahasiswa UKK/UKM internal kampus.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor III mengatakan bahwa ini adalah kegiatan rutin dilakukan oleh Gerakan Pramuka di UIN setiap tahunnya, dan ditahun ini kita berkesempatan melaksanakan secara langsung (luring) tanpa melalui online.

 

Wakil Rektor III berpesan kepada para peserta yang ikut pada kegiatan KMD-G “Jika kita ingin menjadi bermanfaat sebagai sesama manusia, tidak hanya dengan ilmu tetapi juga dengan skill/keterampilan. Kursus ini merupakan salah satu alat untuk agar kehadiran kita bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Selain itu beliau juga mengatakan kepada para peserta yang mengikuti kegiatan ini, maka harus kita pastikan bahwa mereak harus lebih terampil, mahir, berwawasan, berpengetahuan setelahnya”, ucapnya.

 

Kita mengharapkan dengan pembinaan ini mampu menghasilkan pengalaman yang luar biasa bagi peserta. Apapun pesan-pesan pendidikan dan pengajaran untuk dapat diikuti dengan baik, karena selain ilmu yang kita dapatkan bukan hanya dari membaca, tapi juga pengalaman. Percayalah bahwa Pramuka ini, merupakan organisasi yang paling jelas dalam berproses, baik itu proses pergantiannya, proses pengkaderannya, pelaksanaan kegiatannya.

 

Maka dengan inilah kalian dapat menjadi penerus dari kakak-kakak senior yang hari ini menjadi pembina, membuat kita menjadi lebih percaya diri, karena syarat untuk percaya diri, adalah memiliki banyak kemampuan. Selain ijazah, pastikan adik-adik memiliki kemampuan untuk mendampingi hal tersebut. Apa yang kita dapatkan di organisasi untuk memperkuat posisi kita di masyarakat. Semakin banyak pengalaman itu akan memperkaya diri kita dan siap serta lebih paripurna menghadapi kehidupan.

_________________________________________

Editor: Maulana Abdul Ghaffar, S.IP