Prodi Biologi UIN Jambi Benchmarking Ke Universitas Padjajaran

Prodi Biologi UIN Jambi Benchmarking Ke Universitas Padjajaran

Program Studi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin yaitu Bayu Kurniawan, S.Si., M.Sc (Ketua Prodi Biologi UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi) didampingi oleh Fevi Mawadhah Putri, M.Si (Dosen Biologi UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi) melakukan benchmarking ke Program Studi S1 Biologi, Departement Biologi, FMIPA Universitas Padjadjaran tentang tatakelola akademik, kurikulum, dan laboratorium. Kegiatan benchmarking ini memiliki tujuan untuk peningkatan mutu akademik di Prodi Biologi FST UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi sebagai persiapan dalam perkuliahan perdana di T.A 2023/2024.
Bencmarking ini disambut baik oleh Manager Pembelajaran, Kemahasiswaan dan Alumni FMIPA, Universitas Padjadjaran (Dr. Mohamad Nurzaman), Ketua Prodi Biologi Universitas Padjajaran (Dr. Suryana, M.Si), Kepala Lab Struktur dan Fungsi (Dr. Asep Zainal Muttaqin), Kepala Lab Mikrobiologi (Dr. Mia Miranti Rustama, MP) serta PLP Laboratorium Biologi. Benchmarking ini berdiskusi terkait penyusunan Naskah Akademik, VMTS, dan Managerial Pengelolaan Program Studi. Selain itu, benchmarking ini juga dilakukan review kurikulum Prodi Biologi FST UIN STS Jambi oleh jajaran Prodi Biologi FMIPA Universitas Padjadjaran.
Dalam benchmarking ini juga dilakukan kunjungan ke Laboratorium yang ada di Prodi Biologi FMIPA, Universitas Padjadjaran yang di dampingi oleh PLP dari masing – masing Lab dan Ketua Program Studi Biologi FMIPA untuk mengetahui SOP pengelolaan dan penggunaan laboratorium oleh mahasiswa maupun dosen untuk praktikum dan riset.
Bayu Kurniawan, M.Sc (Ketua Prodi Biologi FST UIN STS Jambi), mengungkapkan, “kegiatan benchmarking ini adalah langkah penting dalam upaya untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian di Prodi Biologi FST UIN STS Jambi. Kami berharap dapat memperoleh wawasan dan mengadopsi praktik terbaik yang kami temukan selama kunjungan ini untuk meningkatkan tatakelola akademik dan manajemen laboratorium sehingga dapat mendukung peningkatan kualitas mutu akademik dalam pembelajaran dan penelitian yang lebih baik.”