PRODI KIMIA LEPAS PERDANA MAHASISWA MAGANG

PRODI KIMIA LEPAS PERDANA MAHASISWA MAGANG

JAMBI–Prodi Kimia Fakultas Saintek UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi gelar pelepasan perdana mahasiswa magang tahun akademik 2022/2023. Kegiatan magang perdana mahasiswa ini langsung dilepas oleh Ketua Prodi Kimia, Badariah, M.Pd, pada Senin (04/07/2022). Bahkan, Kegiatan serah terima mahasiswa magang digelar langsung di Pabrik pengolahan Crude Palm Oil (CPO)  PT. Dharmasraya Palma Sejahtera Estate Desa Sungai Puar Kecamatan Mersam Kabupaten Batanghari. Hadir pada kesempatan ini, manajemen PT. DPS yang diwakili oleh Kepala Tata Usaha, Hanafi dan Asisten Laboratorium, Dody Purmadani,  Dosen Pembimbing Magang, Lidia Gusfi Marni, S.Si., M.Si. serta mahasiswa magang kerja, Rapika Duri.

Badariah, M.Pd mengatakan bahwa kegiatan Magang adalah bentuk kegiatan pembelajaran yang memberikan wawasan dan pengalaman praktis kepada mahasiswa prodi kimia mengenai kegiatan nyata di bidang kimia di luar lingkup perguruan tinggi.

“Dalam rangka memenuhi kewajiban kurikulum dan peningkatan keterampilan mahasiswa S1 Prodi Kimia, maka pada semester akhir mahasiswa diwajibkan untuk melaksanakan magang atau praktek Kerja. Mahasiswa prodi Kimia diarahkan melaksanakan magang pada instansi tertentu seperti industri, instansi pemerintah, BUMN, lembaga penelitian, laboratorium, dan institusi lain yang sesuai dengan bidang kimia. Kami sangat berterima kasih PT. DPS berkenan menerima mahasiswa untuk magang di sini. Mohon bimbingan dari manajemen khususnya di bagian laboratorium bagi mahasiswa kami,” ujarnya saat menyerahkan mahasiswa magang.

Mewakili estate manager PT. DPS, KTU Hanafi didampingi Asisten Laboratorium, Dody Purmadani menerima dan menyambut baik kedatangan mahasiswa magang dari UIN Jambi. Hanafi mengatakan cukup banyak mahasiswa dari berbagai universitas telah melakukan magang di PT. DPS.

“Selama ini kami selalu menerima dan bekerja sama terkait magang atau praktek kerja mahasiswa, Namun di bidang Kimia baru kali ini dari UIN Jambi. Kami mempunyai laboratorium untuk  analisis serta  penelitian dan pengembangan terkait prosesing dan penjaminan mutu produk CPO. Mudah-mudahan terjalin transformasi keilmuan antara PT. DPS dan mahasiswa prodi kimia UIN,” demikian harapnya (*).