Prodi KPI UIN Jambi Terapkan MBKM

Prodi KPI UIN Jambi Terapkan MBKM

Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi menjawab perubahan dan tantangan masa depan melalui program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka).

Program yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja. Program MBKM memberikan skill dan potensi bagi mahasiswa untuk belajar di luar kampus. Dengan harapan mahasiswa dapat eksis dan memiliki mental yang kuat setelah menyelesaikan pendidikannya di perguruan tinggi.

Ada enam lembaga yang telah bekerjasama dengan prodi KPI sebagai tempat pelaksanaan MBKM. Yaitu Jek Tv, Jambi Tv, Dradio , Radio Manggis , Tribun Jambi dan Pusat Kajian Tv dan Radio UIN SUTHA Jambi.

Program MBKM ini telah melakukan konsultasi dan konsolidasi terkait tempat dan lokasi magang bagi mahasiswa sejak akhir Maret. Kemudian dilakukan pembekalan bagi mahasiswa dan dosen pendamping pada awal April 2022.  Selanjutnya, pada 4 April 2022 dilakukan serah terima ke pihak lembaga. Pelaksanaan MBKM akan berlangsung selama satu semester dan berakhir pada 1 Juli 2022.

Ada 43 mahasiswa KPI semester 6 yang akan ditempatkan pada 6 lembaga tersebut sebagai program mata kuliah dengan 20 SKS. Program ini juga melibatkan 7 dosen Prodi KPI sebagai pengampu mata kuliah.