Prodi Sistem Informasi UIN STS Jambi Mengadakan Kuliah Umum  Bertajuk Riset Berbasis Google Trends

Prodi Sistem Informasi UIN STS Jambi Mengadakan Kuliah Umum Bertajuk Riset Berbasis Google Trends

HUMAS UIN SUTHA – Prodi Sistem Informasi UIN STS Jambi mengadakan kuliah umum bertajuk “Riset Berbasis Google Trends” dengan pemateri Riyanto Toto, Direktur Mudyk Institute. Acara yang diikuti oleh mahasiswa Prodi Sistem Informasi UIN STS Jambi ini membahas tentang riset trend sosial berbasis Google Trends (28/08/22).

 

 

Selain dihadiri oleh mahasiswa, perkuliahan ini juga dihadiri oleh Sekretaris Prodi Sistem Informasi Bapak Mutamassikin, M. Kom. dan Bapak Mhd Theo Ari Bangsa, M.Cs selaku dosen yang sekaligus membuka acara perkuliahan.

 

 

Dalam sambutannya Bapak Mhd Theo berharap kuliah umum ini bisa menjadi ruang belajar baru untuk meningkatkan wawasan siswa tentang teknologi informasi khususnya dalam bidang riset berbasis digital, beliau juga menyampaikan tentang pentingnya peranan riset dalam menunjang penelitian kedepan.

 

 

Pada kuliah umum berlangsung Bapak Riyanto Toto selaku pemateri membahas tentang penggunaan data Google Trends untuk membaca trend sosial, menghubungkan data dengan fakta serta melihat gejala sosial dari data Google. Dalam kegiatan perkulian mahasiswa juga diajak untuk praktek langsung dalam menggunakan tools Google Trends, mereka diminta langsung melihat perbandingan data pecarian yang sedang populer dan membaca grafiknya.

 

 

Perkuliahan yang berlangsung selama satu setengah jam itu sangat menarik minat mahasiswa, karena banyak membahas trend sosial yang berhubungan dengan kehidupan mhasiswa sehari-hari.

 

 

Dalam pemaparannya Riyanto Toto menyampaikan tentang pentingnya peranan data dalam membaca gejala baru yang akan datang “Melalui data kita bisa menguji asumsi secara langsung, apalagi di Google Trends cukup lengkap mengarsipkan data pencarian secara umum sehingga memudahkan kita untuk menguji sebuah asumsi, dari data juga kita bisa mengantisipasi potensi sosial yang akan terjadi kedepan”.

 

Pendiri Mudyk Institute itu juga menyampaikan tentang pentingnya memahami pembacaan data di Google untuk memudahkan mahasiswa dalam mengerjakan riset maupun skripsi, karena kedepan dunian digital akan terus berkembang.

__________________________________________________________________

Redaktur: Azizi, S.Kom., M.Si

Editor:Maulana Abdul Ghaffar, S.IP