Pusat Kajian Admisi dan Layanan Internasional Mengadakan Kelas Pendampingan Beasiswa

Pusat Kajian Admisi dan Layanan Internasional Mengadakan Kelas Pendampingan Beasiswa

Dalam rangka mempersiapkan mahasiswa UIN STS Jambi agar mampu bersaing dalam meraih beasiswa luar negeri, Pusat Kajian Admisi dan Layanan International (Center for Admission and International Office) bekerjasama dengan komunias pemburu beasiswa melaksanakan program SUTHA IO SCHOLARSHIP CORNER pada tanggal 24 Juni 2022.

Program ini diikuti oleh mahasiswa dan alumni UIN STS Jambi, dari berbagai jurusan diantaranya: Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan MTK, PAI, Sastra Inggris, TBI, AKS. Training yang diberikan hari ini adalah Cara Membuat Curriculum Vitae (CV) yang dibawakan oleh Dion Ginanto, Ph.D., ketua Pusat Kajian Admisi dan Layanan Internasional. Workshop ini berlangsung kurang lebih 2 jam di Gedung Perpustakaan UIN SUTHA. Salah satu tujuan di lakasanakannya kegiatan ini adalah mempersiapkan mahasiswa agar bisa menembus beasiswa-beasiswa nasional dan internasional. Selama kelas berlangsung antusias mahasiswa mulai terlihat, meskipun hari ini merupakan kelas pertama.

Sangat terlihat partisipasi aktif dari peserta di kegiatan belajar hari ini, peserta memberikan respon yang baik dari materi yang di paparkan. Kegiatan dimulai dengan permainan untuk brainstorming, lalu dilanjutkan dengan meteri inti. Dr. Ginanto, memberika tips agar memperbanyak memperkaya dan meningkatkan kualitas CV di antaranya memperbanyak menulis di media masa, mengikuti kegaitan-kegiatan ilmiah, volunteer, dan akademik, aktif terlibat dalam organisasi. Pemateri juga tips agar mempunyai pengalaman kerja meskipun baru lulus kuliah di antaranya adalah dengan membuka les private, atau bekerja paruh waktu, atau membuka usaha yang itu semua dapat dituliskan sebagai pengalaman kerja.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab, dan praktek langusng dalam menulis CV. Peserta diharapkan dapat menyelesaikan CV dalam dua minggu, sehingga International Office dapat membantu memebrikan feedback. Sektretaris Pusat Kajian International Office, Miss Tira dan staff Miss Iin juga turut hadir dalam kegiatan ini.

Kegiatan ini didesain dengan bentuk Potluck, artinya peserta yang hadir membawa snacks untuk dinikamati bersama-sama. Program SUTHA IO SCHOLARSHIP CORNER ini dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa UIN secara gratis dan akan mendapatkan sertifikat diakhir siklus. Kelas bertujuan agar seluruh mahasiswa UIN STS Jambi dapat lebih mampu bersaing dalam memperoleh beasiswa-beasiswa internasional.

Wakil Rektor I bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Dr. Rofiqoh Ferawati, M.EI menyambut baik kegiatan ini. “Kegiatan-kegiatan seperti ini harus terus konsisten diadakan di kampus kita. Sudah saatnya mahasiswa UIN Jambi berkiprah dan bersaing pada beasiswa-beasiswa internasional. Civitas Akademika UIN akan selalu siap untuk mendukung program ini.” Pembiasaan dan pendampingan serta mentorship seperti ini diyakni dapat memberikan energi positif dan motivasi untuk memburu beasiswa-beasiswa bergengsi. Outcome kegaitan ini tentu diharapkan dapat mengantarkan alumni UIS STS Jambi untuk meneruskan pendidikan ke luar negeri.