Pusat Kajian Konservasi dan Sumber Daya Hayati UIN Jambi Adakan Workshop Eco-enzyme

Pusat Kajian Konservasi dan Sumber Daya Hayati UIN Jambi Adakan Workshop Eco-enzyme

Pusat Kajian Konservasi dan Sumber Daya Hayati Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi (UIN STS Jambi) pada Kamis (16/06/2022) melaksanakan Workshop Eco-enzyme yang bertema “Eco-enzyme For Green And Sustainable Environment”.

Berdasarkan laporan dari Ketua Panitia Workshop Bayu Kurniawan, S.Si., M.Sc., kegiatan ini diikuti oleh 318 peserta yang berasal dari berbagai Universitas di Indonesia dan pelaksanaan Workshop ini diharapkan dapat dijadikan sebagai referensi bagi masyarakat luas dalam mengatasi masalah limbah dengan produksi 470 ton/hari dengan perbandingan 77% limbah organic dan 23% limbah anorganik

Kegiatan ini dilaksanakan secara daring dan secara resmi dibuka oleh Rektor UIN STS Jambi Prof. Dr. Su’aidi, M.A., Ph.D.

Pelaksanaan kegiatan ini sangat penting sebagai pendukung untuk visi-misi UIN STS Jambi dan melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kualitas lingkungan sehingga menciptakan peradaban umat manusia yang lebih baik.

Kegiatan-kegiatan serupa akan terus dilakukan sebagai usaha memajukan UIN STS Jambi dan terbukti saat ini UIN STS Jambi berada pada Ranking ke-26 sebagai kampus terbaik di Indonesia versi Time Higher Education (THE) Impact Rankings 2022” Ujar Rektor UIN STS Jambi dalam sambutan pembukaannya.

Kegiatan ini dibagi menjadi dua sesi yang akan dipimpin oleh Syukrya Ningsih, M.Si. Materi untuk sesi pertama disampaikan oleh Dr. Hj. Fadilah, M.Pd. yang merupakan Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN STS Jambi dan Dr. Dian Masita Dewi, S.E., M.M. dari Pusat Studi Eco-Enzyme Universitas Lambung Mangkurat.

Pada sesi kedua, materi akan disampaikan oleh Dr. Ir. Nurzainah Ginting, M.Si. yang merupakan Ketua Eco-Enzyme Nasional UI GreenMetric (Universitas Sumatera Utara) dan Siska Alicia Farma, S.Pd., M.Biomed dari Centre of Research on Recycling and Organic Waste Management Universitas Negeri Padang.

Kesimpulan yang dapat diambil dari penyampaian keempat pemateri tersebut yaitu “Eco-Enzyme memiliki manfaat yang begitu besar di berbagai bidang dalam kehidupan mulai dari pembersih, pengganti detergent, kecantikan, antimikrob, bidang peternakan hingga dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan. Namun memiliki tantangan terbesar dalam memunculkan kesadaran masyarakat agar mulai mengaplikasikan Eco-Enzyme dalam kehidupan sehari-hari”.