Rektor UIN Jambi Buka Diklat Kuliah Kerja Nyata Tahap I

Rektor UIN Jambi Buka Diklat Kuliah Kerja Nyata Tahap I

Sabtu (18/6) Pagi, Rektor UIN Jambi Prof. Dr. H. Su’aidi, MA., Ph.D Melalui Aplikasi Virtual Meeting membuka acara Diklat Kuliah Kerja Nyata Tahap I yang diadakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M). acara ini juga dilakukan secara langsung di Gedung Auditorium UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi dengan dihadiri oleh semua peserta KKN yang akan berlangsung antara 4 Juli hingga 8 Agustus 2022.

Prof. Su’aidi menyampaikan rasa senang dan bangganya kepada Mahasiswa yang akan melaksanakan KKN di berbagai kabupaten di Provinsi Jambi. Sebelumnya Rektor menyampaikan permintaan maaf karna tidak dapat hadir dan membuka secara langsung Diklat ini karena sedang berada di Kabupaten Bungo untuk menandatangani PKS (Perjanjian Kerjasama) dengan RSUD H. Hanafie Muaro Bungo.

Rektor juga menyampaikan bahwa dengan menandatangani PKS ini maka UIN Jambi bisa melengkapi Borang untuk pengajuan Fakultas Kedokteran di UIN STS Jambi. Jika UIN Jambi berhasil maka UIN Jambi akan menjadi yang pertama dibawah Kementrian Agama yang mempunya Fakultas Kedokteran.

Menjaga nama baik Kampus juga menjadi inti pesan Rektor dalam sambutannya. Selain itu selalu memberikan hal positif kepada masyarakat adalah hal utama yang harus ditekankan kepada Mahasiswa pada KKN kali ini.

Prof. Su’aidi juga mengingatkan kepada Mahasiswa untuk tidak terprovokasi dengan berita-berita buruk yang ada dimedia sosial ataupun media cetak, terutama berita tentang Gedung UIN Jambi yang terendam Banjir pada beberapa waktu lalu. Pembangunan Gedung baru UIN Jambi tidak ada hubungannya dengan banjir yang terjadi belakangan ini. Banjir terjadi karna kurang besarnya ukuran Drainase untuk menampung air dari berbagai tempat. UIN Jambi sudah mengingatkan dan melaporkan pada pihak terkait untuk permasalahan ini namun belum ada tindakan lanjut untuk permasalahan banjir yang sering terjadi Ketika Hujan lebat melanda. Intinya banjir sudah sering terjadi sebelum pembangunan Gedung baru UIN Jambi.

Diklat ini juga mendatangankan pembicara untuk mengisi Materi yakni Datuk Drs. H. Azra’I Basyari, dengan tema “Adat dan Budaya Jambi”, Drs. Muhammad, M.Si, dengan tema “Membangun Desa Mandiri Menuju Indonesia Tanguh melalui Program Kuliah Kerja Nyata”

Jumlah peserta yang mengikuti KKN ini sebangak 1400 Mahasiswa yang berasal dari 7 Fakultas di lingkungan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora sebanyak 79 Mahasiswa, Fakultas Dakwah sebanyak 66 Mahasiswa, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam 259 Mahasiswa, Fakultas Sains dan Teknologi 75 Mahasiswa, Fakultas Syariah 296 Mahasiswa, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan 567 Mahasiswa, Fakultas Ushuludin dan Studi Agama 78 Mahasiswa

Adapun Jumlah Posko KKN UIN STS Jambi saat ini sebanyak 80 Posko. Peserta KKN tersebar di tiga kabupaten yakni Kabupaten Merangin, Kabupaten Bungo, dan Kabupaten Sarolangun yang terbagi menjadi 12 Kecamatan dan 80 Desa dengan 80 Dosen Pembimbing

Program utama peserta KKN kali ini iyalah Pendampingan dan Pengembangan UMKM (Usaha Menengah, Kecil, dan Mikro) yang bersertifikat Halal