Home / Berita Terbaru / Rektor UIN STS Menjadi Pembicara Dalam Diseminasi Gerakan Literasi Nasional

Rektor UIN STS Menjadi Pembicara Dalam Diseminasi Gerakan Literasi Nasional

Rektor Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Dr. H. Hadri Hasan, MA mengatakan pentingnya literasi dalam kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara. Demikian disampaikan Rektor UIN STS Jambi dalam acara Diseminasi Gerakan Literasi Nasional untuk komunitas baca dan masyarakat di Kota Jambi, Senin (3/12) di hall shang ratu hotel.

Dijelaskannya semangat untuk literasi sebenarnya sudah diajarkan jauh sebelum kebudayaan berkembang seperti saat ini. Dalam al-Quran kita dapati bahwa ayat pertama yang turun adalah perintah untuk menguasai literasi. Bahkan mukjizat Nabi Muhammad al-Quran berbentuk tulisan. Fakta ini seakan memperingatkan kita bahwa abad setelah Nabi diutus adalah kejayaan literasi.

“Dewasa ini kita dihadapkan dengan tantangan kehidupan masyarakat yang kompleks baik tantangan internal maupun eksternal. Apalagi saat ini kita menghadapi revolusi industri keempat atau yang sering kita kenal 4.0 revolution industry. Sebuah revolusi industri yang terpusat pada dua faktor; informasi dan teknologi. Industri ini menghasilkan banyak prosperiti dalam peradaban umat manusia. Dalam bidang ekonomi terjadi kegiatan ekonomi e-commerce, yaitu kegiatan komersialisasi produk melalui elektronik, internet dan media sosial. Pada bidang pemerintahan, teknologi informasi berperan dalam pengawasan aparatur, data masyarakat sehingga lahirlah e-KTP, e- SIM, e-data, e-Kinerja, dan lain-lain,”jelasnya dalam pemaparan materi di kegiatan yang diadakan oleh Kantor Bahasa.

Lebih lanjut Hadri Hasan mengatakan walaupun revolusi ini banyak membantu manusia dalam melakukan kegiatan ekonomi, birokrasi, pendidikan, dan kebudayaan. Akan tetapi revolusi ini juga memiliki dampak negatif seperti terjadinya kejahatan-kejahatan berbasis cyber yang belakangan marak terjadi. Oleh sebab itu, penggunaan teknologi informasi perlu ditangkal dan diminimalisir dan diarahkan untuk bijak menggunakannya. Lagi-lagi, usaha menangkal dampak negatif teknologi informasi juga harus dengan literasi. Sebuah konsep literasi yang disebut dengan literasi digital.

“Perlu diinformasikan bahwa UIN STS Jambi saat ini diarahkan untuk menghasilkan masyarakat akademik yang memegang peran dalam literasi. Tujuannya adalah Membaca dunia dan dibaca dunia. Tulisan-tulisan dari dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan diarahkan untuk turut andil dalam menjelaskan problematika dunia saat ini dari berbagai bidang dan dari berbagai pendekatan,”ungkapnya.

About syafitri

Check Also

LPM UIN STS Jambi Gelar Sosialisasi Regulasi Sertifikasi Dosen 2018

Senin, 26 November 2018, Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi  kembali mengadakan …