Sosialisasi Pentingnya Menstruasi Sehat Dan Penggunaan Pembalut Kain

Sosialisasi Pentingnya Menstruasi Sehat Dan Penggunaan Pembalut Kain

Prodi Kimia Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Yang mana Tri Dharma Perguruan Tinggi mencakup, Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian Masyarkat.

Dosen bersama mahasiswi Prodi Kimia melakukan kegiatan pengabdian masyarakat ke sekolah=sekolah di Kota Jambi. Dengan program sosialisasi “Kesehatan Menstruasi dan Dampak Penggunaan Pembalut’, (Sabtu (20/11/2021) kemarin. Sosialisasi kesehatan perempuan tersebut melibatkan 50 peserta didik MAN 3 Kota Jambi,

Ketua Prodi Kimia  Badariah M.Pd.I menjelaskan alasan melalukan sosialisasi terkait kesehatan perempuan tersebut. “Perempuan modern lebih suka hal yang praktis, termasuk penggunaan pembalut saat menstruasi,”jelasnya.

Pada umumnya, siklus menstruasi normal rata-rata terjadi setiap 28 hari. Ada pula yang memiliki siklus haid sekitar 25 sampai 35 hari. Ini masih terhitung normal. Anda dianggap memiliki haid yang teratur jika menstruasi datang setiap 23 hari atau setiap 35 hari, atau di mana saja di antara rentang waktu ini.

“Pemakaian Pembalut non kain yang banyak dipakai saat ini berdampak kurang baik bagi kesehatan dan dapat menyebabkan pengguna terkena kanker dan sebagainya karena mengandung zat-zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan tubuh seperti zat klorin,  dioxin serta purin. Zat-zat tersebut terakumulasi dalam tubuh dalam waktu lama kelamaan akan menjadi penyakit,”Jelasnya Badariah, M.Pd.I Ketua Prodi Kimia FST.

Badriah menambahkan, bahwa nantinya akan ada beberapa sekolah yang akan dikunjungi dalam kegiatan ini. “Selain MAN di Kota Jambi, target kita juga bisa menyampaikan sosialisasi kesehatan perempuan ini di SMA/SMK kota Jambi,”tutupnya.

Dalam kesempatan ini salah seorang mahasiswi Prodi Kimias FST yang menjadi pemateri di hadapan 50 siswa MAN 3 Kota Jambi. Ia menjelaskan tentang menstruasi sehat dan dampak kesehatan terhadap penggunaan pembalut non kain.

Semua peserta tampak antusias terhadapa materi yang disampaikan  dan peserta yang ikut tidak hanya siswi, melainkan ada siswa juga dengan harapan mereka dapat mengedukasi keluarga mereka tentang menstruasi sehat

Sosialisasi Pentingnya Menstruasi Sehat Dan Penggunaan Pembalut Kain