Tangani Banjir Didepan Kampus II UIN Jambi, Rektor Laksanakan Rapat Koordinasi Bersama Dirjen SDA PUPR

Tangani Banjir Didepan Kampus II UIN Jambi, Rektor Laksanakan Rapat Koordinasi Bersama Dirjen SDA PUPR

Selasa (5/7) pagi, Rektor UIN Jambi Prof. Dr. H. Su’aidi, MA., Ph.D melaksanakan Rapat Koordinasi bersama Dirjen SDA Balai Wilayah Sungai Sumatera VI Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi terkait penanganan banjir yang ada di jalan lintas Jambi – Bulian KM 16 didepan Kampus II Gerbang masuk UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Dalam Rapat Koordinasi Bersama Balai Wilayah Sungai Sumatera VI Provinsi Jambi ini, Hadir juga Wakil Rektor I Dr. Rofiqoh Ferawati, S.E., M.EI, Kepala Biro AUPKK Sri Ilham Lubis, Lc., M.Pd, dan Kepala Bagian Umum Junaidi.

Dalam rangka penanggulangan banjir yang sering terjadi, Pada saat ini sudah mulai dilakukan pekerjaan berupa peninggian jalan. Tujuan dilaksanakannya peninggian jalan ini ialah untuk mengimbangi Dimensi dari pemasangan Box Curvert yang akan digunakan untuk jalur air dari ilir jalan ke hulu.

Saat ini ada beberapa faktor penyebab terjadinya banjir didepan kampus UIN Jambi yaitu, penampang Cross Draine yang kurang ideal ditambah adanya pipa Transmisi yang berada dalam Box Curvert sehingga mengurangi banyaknya laju air yang bisa ditampung, Debit air terlalu tinggi dari Hulu yang tidak dapat ditampung oleh Box Curvert yang ada saat ini, penampang anak sungai yang berada di Hilir berukuran kecil tidak sesuai dengan Debit air yang tinggi dari arah Hulu, dan kemudian daerah genangan merupakan daerah Retensi.

Dari kajian yang telah dilakukan oleh pihak SDA Balai Wilayah Sungai Sumatra VI hanya ada 4 masalah ini saja yang menjadi acuan dasar seringnya terjadi banjir di depan kampus II UIN Jambi, dan ini tentu tidak ada hubungannya dengan pembangunan Gedung SBSN yang sedang berjalan saat ini.

Rektor UIN Jambi juga menegaskan bahwa Banjir yang terjadi di jalan depan Gerbang UIN Jambi sudah dari dulu sering terjadi dan ini tidak ada sangkut pautnya dengan pembangunan Gedung yang ada didalam Kawasan dalam Kampus UIN Jambi.

Dengan pemasangan Box Curvert baru yang lebih besar akan menjadi solusi saat ini dalam penanganan banjir yang sering terjadi di depan Kampus II UIN Jambi, dan tentu kedepan akan ada penanganan lebih jauh untuk permasalahan banjir ini yang mana tidak merugikan pihak UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi dan Masyarakat Sekitar.