Home / Berita Terbaru / Tingkatkan Mutu Universitas LPM UIN STS Jambi Gelar Audit Mutu Internal

Tingkatkan Mutu Universitas LPM UIN STS Jambi Gelar Audit Mutu Internal

Universitas Islam Negeri (UIN) Sulthan Thaha Saifuddin (STS) Jambi melalui Lembaga Penjamin Mutu (LPM) kembali melaksanakan audit mutu internal 2018 di tingkat UIN STS Jambi. Pelaksanaan audit ini dilaksanakan, Jum’at (2/11) dan Sabtu (3/11) di Aula Majelis Ulama Indonesia Jambi.

Kegiatan ini dibuka langsung Rektor UIN STS Jambi yang diwakili Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum , Perencanaan dan Keuangan UIN STS Jambi, Dr. H. Hidayat,M.Pd. Selain itu kegiatan juga di hadiri Ketua LPM, jajaran Pimpinan LPM, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN STS Jambi dan 60 auditor UIN STS Jambi.

“Audit mutu internal ini dapat dimaknai sebagai hal yang wajib dilaksanakan setiap tahunnya untuk menjaga eksistensi Universitas. Dimana dengan audit ini diharapkan dapat memastikan seluruh proses yang dilakukan telah sesuai dengan prosedur sehingga dapat menghasilkan mutu UIN STS Jambi sendiri,” jelas Dr. H. Hidayat,M.Pd.

Ditambahkannya, dengan audit mutu internal, kegiatan ini juga untuk memastikan seluruh kegiatan akademik dan non akademik telah berjalan dengan baik, serta untuk menemukan informasi dan fakta kaitannya dengan pengambilan keputusan.

“Kegiatan ini hendaknya dapat dimanfaatkan dengan baik. Dimana audit merupakan sesuatu yang kontekstual. Orang yang berakal harusnya sensitif dengan zamannya,” paparnya.

Dijelaskan, Ketua LPM UIN STS Jambi, Prof. Dr. Syukri, SS,M.Ag, Kegiatan ini penting dilaksanakan karena sebuah Universitas sesuai dengan Peraturan yang ada di wajib kan memiliki lembaga mutu, hal ini guna menjamin mutu yang ada dan pastinya meningkatkan mutu sesuai perubahan zaman dan pastinya sesuai tingkat kualitas mutu yang terus berkembang setiap tahunnya.

“Setiap tahunnya selalu ada peningkatan kualitas mutu apalagi ini kualitas Universitas yang pastinya selalu ada yang baru. Hal ini membutuhkan lembaga mutu dan pastinya auditor yang berkualitas sesuai perkembangan zaman. Untuk itu LPM UIN STS Jambi selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas kita, baik kualitas auditor maupun kualitas pendukung lainnya,” kata Kepala LPM UIN STS Jambi, Prof. Dr. Syukri, SS,M.Ag.

Dalam kegiatan ini LPM UIN STS Jambi juga melaksanakan perekrutan auditor baru, dimana kebanyakan diisi oleh dosen – dosen muda yang memiliki tingkat keingitahuan yang tinggi, hal ini pastinya akan mendorong meningkatnya kualitas auditor yang dimiliki UIN STS Jambi.

“Pada hari ini juga hadir auditor – auditor baru. Mereka mendaftarkan diri sendiri untuk menjadi auditor, hal ini menandakan mereka sebagai dosen – dosen muda sangat tertarik dengan hal – hal baru dan pastinya akan berdampak dengan peningkatan kualitas auditor kita,” pungkas Ketua LPM UIN STS Jambi.

Untuk memberikan pemahaman yang baik kepada auditor UIN STS Jambi, LPM menghadirkan Agustani Bustami, S.Kom sebagai narasumber.

Dalam pemaparannya narasumber menjelaskan bahwa, lenjaminan mutu internal dilakukan melalui sebuah siklus yaitu, penetapan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian dan peningkatan standar perguruan tinggi, dimana audit mutu internal merupakan bagian dari siklus Sistem Penjamin Mutu internal. Audit mutu bukanlah penilaian melainkan pencocokan kesesuaian antara pelaksanaan dengan perencanaan suatu kegiatan atau program.

Setiap auditor dituntut mengikuti perkembangan teknologi, harus hijrah atau bermigrasi dari kebiasaan lama atau manual beralih ke cara elektronik atau online. (Uci)

About syafitri

Check Also

THE ELEVENT AL-JAMI’AH FORUM & CONFERENCE RESMI DIBUKA

Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat bekerjasama dengan …