Tingkatkan Soft Skill Mahasiswa Untuk Hadapi Dunia Kerja

Tingkatkan Soft Skill Mahasiswa Untuk Hadapi Dunia Kerja

Pusat Kajian Keterampilan Akademik Mahasiswa Dan Karir Alumni menyelenggarakan pelatihan penulisan daftar riwayat hidup atau curriculum vitae (CV) dan pembekalan soft skill untuk menghadapi dunia kerja, selasa (14/9) secara virtual melalui zoom meeting dengan diikuti lebih dari 300 peserta baik dari kalangan mahasiswa maupun alumni dan masyarakat umum.

Kegiatan pelatihan ini dibuka langsung oleh Wakil Rektor bidang Kerjasama dan Kemahasiswaan Dr. Bahrul Ulum, MA. Ia mengapreasi dan mendukung program kegiatan pelatihan yang dilaksanakan pusat kajian. Dengan adanya pelatihan ini ia berharap dapat membantu mahasiswa mengenali dan mengembangkan kemampuan diri yang nantinya dapat dituangkan dalam CV.

“Keterampilan hard skill dapat diperoleh dalam bangku pendidikan seperti penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, dan keterampialn teknis. Sedangkan soft skill adalah keterampilan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain dan keterampilan dalam mengatur diri sendiri. Soft skill bersifat kepribadian yang menentukan untuk diterima atau tidaknya kita bekerja dimanapun seperti disiplin, integritas, kejujuran, kepemimpinan dan lainnya. Soft skill ini harus diasah dan dilatih karena keterampilan ini penting dalam menentukan karir dalam hidup kita”ucapnya.

Ketua Pusat Kajian Keterampilan Akademik Mahasiswa Dan Karir Alumni Nurlia Fusfita, SE., M.Ec.Dev selaku ketua panitia dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan para mahasiswa untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi dunia kerja ketika sudah menyelesaikan perkuliahannya di kampus. Awalnya, kegiatan ini ditujukan hanya untuk mahasiswa semester akhir dan alumni namun karena antusias yang tinggi kegiatan ini juga diikuti dapat mahasiswa semester lainnya.

Menghadirkan narasumber Yanri Ramdhano, M.Ed alumni UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi yang juga merupakan alumni Victoria University Australia yang memiliki banyak pengalaman yang dibagikan dan untuk memotivasi mahasiswa dan alumni untuk dapat bersaing dalam dunia kerja dengan meningkatkan skill yang dimiliki.

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru bagi mahasiswa untuk mulai membuat membuat CV-nya  agar dapat nanti memiliki persiapan yang lebih baik dalam menghadapi dunia kerja khususnya soft skill.