UIN Jambi Bersiap Menuju PTN BH, Kampus Unggul Berkelas Dunia

UIN Jambi Bersiap Menuju PTN BH, Kampus Unggul Berkelas Dunia

Mengundang Direktur Kelembagaan Kemenristekdikbud RI Dr. Lukman, S.T., M.Hum dalam rangka Focus Group Discussion, UIN Jambi tengah mempersiapkan diri menjadi PTN BH Kampus Unggul Berkelas Dunia, Jum’at (3/6).

Focus Group Discussion “UIN Jambi Menuju Kampus Unggul Berkelas Dunia” ini diadakan di Aula Rektorat Kampus II UIN SSD dengan dihadiri oleh Para Wakil Rektor, Para Kepala Biro, Dekan, Wakil Dekan, Ketua Prodi di lingkungan UIN Jambi. Pelaksana Tugas (Plt) Kepala LLDikti Wilayah X dan juga Pejabat Sementara (Pjs) Rektor Universitas Batanghari (Unbari) Jambi Prof. Dr. Herri, SE.MBA juga hadir dalam kegiatan ini.

Rektor UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Prof. Dr. H. Su’aidi, MA., Ph. D dalam sambutannya menjelaskan UIN Jambi saat ini tengah menerapkan paradigma transintegrasi ilmu dimana nantinya alumni yang dilahirkan UIN Jambi akan menjadi alumni yang ahli agama yang menguasai sains, serta ahli sains yang menguasai ilmu agama.

“Saat ini UIN Jambi merupakan satu-satunya PTKIN di Indonesia yang masuk ke dalam ranking THE IMPACTS RANKING 2022 dan menduduki peringkat ke-20 bersama PTN lainnya di tengah kami sedang melakukan pembangunan-pembangunan yang masih berjalan. Dengan kehadiran Dr. Lukman ini semoga dapat memberikan masukan, gagasan, support dan harapan bagi kemajuan UIN Jambi dalam menuju kampus berkelas dunia”, tutupnya.

Pada kesempatan ini Dr. Lukman menyampaikan UIN Jambi adalah kampus yang memiliki potensi besar untuk bertransformasi menjadi kampus PTN BH unggul berkelas dunia seperti kampus lainnya.

“Salah satu pondasi utama menjadi kampus World Class University adalah penguatan riset dan inovasi”, jelasnya.

Melalui arah kebijakan dan strategi ditjen Pendidikan Tinggi yaitu meningkatkan angka partisipasi pendidikan tinggi, menguatkan mutu dan relevansi pendidikan tinggi, menguatkan mutu dosen dan tendik, menguatkan sistem kelola Ditjen Pendidikan Tinggi serta menguatkan riset, inovasi dan pengabdian kepada masyarakat, ia memotivasi UIN Jambi agar segera menjadi PTNBH (Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum), perguruan tinggi negeri yang berstatus sebagai badan hukum publik yang otonom.

Beberapa langkah yang ia sampaikan dalam diskusi ini diantaranya meningkatkan jumlah professor, meningkatkan akreditasi prodi dan meningkatkan kualitas jurnal yang dimiliki. Ia juga mengapresiasi Rektor Prof. Su’aidi yang visioner dalam memimpin UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi sehingga dapat meraih prestasi-prestasi di lingkup internasional.