UIN STS Jambi Peringkat 51 “Top Islamic Universities in the World”

UIN STS Jambi Peringkat 51 “Top Islamic Universities in the World”

Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin (UIN STS) Jambi sebagai kampus “Lokomotif Perubahan”  kembali menorehkan prestasi baik. Setelah dirilis oleh UniRank, atau dikenal juga bernama 4 International Colleges and Universities (4ICU). UIN STS Jambi masuk dalam “Top Islamic Universities in the World”.

Tercatat sebanyak 406 perguruan tinggi islam di dunia masuk ke dalam kategori tersebut. Dan salah satunya adalah UIN STS Jambi yang menduduki urutan ke-51. Selain itu, UIN STS Jambi berhasil menempati peringkat 21 perguruan tinggi islam terbaik di Indonesia.

Sementara itu tingkat Kementerian Agama, UIN Jambi berada pada peringkat 12 dari 23 UIN, yaitu UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Syarif Kasim Riau, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UIN Alauddin Makasar, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Raden Intan Lampung, UIN Sumatera Utara, UIN Ar Raniry Aceh, dan UIN  Jambi.

UIN STS bertransformasi menjadi UIN pada tahun 2017, bersama dengan 5 PTKIN lainnya, yaitu UIN Mataram, UIN Raden Intan lampung, UIN Banten, UIN Imam Bonjol, dan UIN Banjarmasin. Posisi UIN yang berada di Provinsi Jambi ini dalam 6 in 1 berada pada peringkat 2 setelah UIN Raden Intan lampung.

Sejalan dengan Visi UIN STS Jambi

Pemeringkatan ini menjadi perhatian bagi UIN STS Jambi, sesuai dengan visi “Menjadi Universitas Islam sebagai Lokomotif Perubahan Sosial Unggul Nasional Menuju Internasional dengan Semangat Moderasi dan Entrepreneurship Islam”.

”Alhamdulillah beberapa target sudah tercapai, yaitu masuk dalam peringkat 485 dunia versi UI Green Metric. Kemudian peningkatan 373 % pada webometric. Dan sekarang masuk peringkat 51  dalam Top Islamic Universities in the World,”ujar Rektor UIN STS Jambi, Prof. Dr. H. Su’aidi.

Rektor menjelaskan bahwa UIN Jambi terus berusaha  dapat memenuhi target lainnya. “Sebentar lagi kita akan memasukkan borang SDGs, selain itu juga akan mengejar perankingan dalam Time Higher Education,”ungkapnya diruang kerja Rektor.  Su’aidi menambahkan, dengan capaian ini, semakin menegaskan bahwa UIN STS Jambi sudah berhasil masuk dalam jajaran Top Universitas tingkat dunia.

Ada 3 kriteria utama sebuah perguruan tinggi dapat diikutsertakan dalam penilaian Unirank . Pertama, terakreditasi oleh badan akreditasi nasional atau daerah setempat. Misalnya, di Indonesia oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Kedua, PT yang menyediakan pendidikan tingkat Strata 1 (sarjana) dan/atau Pascasarjana, baik tingkat Master (S2) atau Doktoral (S3). Terakhir, PT yang dinilai menerapkan sistem pendidikan secara langsung dengan bertatap muka, atau lebih dikenal sebagai sistem tradisional, format pendidikan di kelas yang mempertemukan dosen dan mahasiswanya. Artinya, proses pembelajaran dilakukan secara offline dengan fasilitas-fasilitas gedung sebagai sarana pertemuannya.

Pemeringkatan “Top Islamic Universities in the World” diumumkan dan dimuat dalam website resmi UniRank. melalui link website “Top Islamic Universities in the World”.