UIN STS Jambi Sukses Menggelar Konferensi Internasional

UIN STS Jambi Sukses Menggelar Konferensi Internasional

UIN-Sulthan Thaha Saifuddin Jambi menggelar konferesi internasional semi-virtual bekerja sama dengan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Konferensi dengan nama “The 1st International Conference on Education, Science, Technology, Indonesian and Islamic Studies (ICESTIIS) dan The 4th International Colloquium on Interdiciplinary Islamic Studies (ICIIS) berhasil mengundang pembicara utama dari Barat, Timur, dan Timur Tengah. Pembicara tersebut adalah: Prof. Dr. Mohammad Khalil dari Amerika Serikat, Dr. Raphaela Schilt dari Jerman, Prof. Dr. Miho Taka, dari Jepang, Prof. Dr. Basiry Sayyid, MA., dari Mesir, dan Prof. Dr. Hamid Slimi, MA, dari Kanada.

Kegiatan yang diselenggarakan secara daring dan luring ini dihadiri oleh Rektor UIN Jakarta, Wakil Direktur Pasca Sarjana UIN Jakarta, Ketua Program Studi Pengkajian Islama UIN Jakarta. Sementara dari UIN Jambi dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor, Kepala Biro, Ketua Senat,Direktur Pascasarjana ,Wakil Direktur Pascasarjana, Jajaran Dekan, dan guru besar.

Dalam sambutannya rektor UIN Jakarta Prof. Dr. Amany Lubis, MA, sangat berbahagia dapat menjalin Kerjasama dengan UIN STS Jambi, dan berharap dapat melakukan kolaborasi dalam bentuk lain pada tahapan selanjutnya. Ia juga berharap agar konferensi ini dapat meningkatkan Kerjasama penelitian antara dosen di Jambi dan di Jakarta yang kemudian dapat diterbitkan pada jurnal dan proceeding bereputasi internasional.

Hal senada juga disampaiakan oleh rektor UIN STS Jambi, Prof. Dr. Su’aidi, MA., Ph.D. Dalam sambutannya yang sekaligus membuka acara secara resmi Prof. Su’aidi mengapresiasi rektor UIN yang bersedia datang langsung ke Jambi. Ia berharap agar kerjasama ini bukan hanya berhenti pada tahapan penelitian dan penerbitan pada jurnal bereputasi; namun lebih pada aplikasi langsung yang dapat membantu kemaslahatan umat. Saat ini, kata Prof. Su’adi tidak boleh ada lagi dikotomi antara sains dan Islam, antara Ilmu pengetahuan dan Ilmu Keislaman, semua harus terintegrasi.

Acara konferensi interenasional ini juga diselingi dengan penandatanganan nota kesepahaman kerjasama antara UIN Jakarta dan UIN Jambi yang ditandangai secara langung oleh kedua rektor. Terkait dengan kerjasama antara dua kampus, Prof. Dr. Ahmad Syukri mengharapkan agar kerjasama ini tidak hanya terhenti pada acara konferensi namun kepada kerjasama antar dosen dalam bidang peneltian dan pengabdian kepada masyarakat.

Sementara itu, ketua panitia Dion Ginanto, Ph.D dalam laporannya  menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberi ruang pada para dosen, peneliti, dan akademisi untuk mengembangkan penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang nantinya dari hasil peneltiian tesebut dapat dinikmati dalam masyarakat luas bentuk tulisan dan aksi nyata. Lebih lanjut, Dr. Ginanto menyampikan bahwa konferensi ini memperoleh 123 artikel ilmiah dan yang berhasil diterima untuk dipresentasikan pada kegiatan konferensi ini adalah 70 makalah, dan sisanya ditolak karena belum memenuhi standar yang ditetapkan panitia. Dari 70 makalah yang dipresentasikan tersebut, akan disaring kembali untuk diterbitkan pada proceeding bereputasi internasional. Sementara makalah yang tidak berhasil terbit pada prosiding internasional, akan direkomendasikan untuk terbit pada jurnal yang dikelola UIN Jakarta dan UIN Jambi.

Kegiatan yang dilaksanakan di Wiltop Hotel Jambi dan virtual ini, berlangsung selama dua hari yaitu 20-21 Oktober 2021. Peserta yang hadir pada hari pertama dan kedua diikuti oleh lebih dari 1000 peserta yang tergabung secara online.

Acara ditutup oleh Wakil Direktur UIN STS Jambi, Dr. Badarussyamsi, MA dan Direktur Pasca sarjana UIN Jakarta, Pr. Dr. Phil. Asep Saifudin Jahar. Dalam sambutannya Dr. Badarussyamsi mengharapkan agar para dosen dan mahasiswa meningkatkan kolaborasi yang lebih besar dan bermakna antara dua kampus. Sementara itu, Pr. Dr. Phil. Asep Saifudin Jahar dalam sambutan penutupannya memberikan bocoran bahwa tahun depan pelaksanaan konferensi akan diselenggarakan di wilayah timur Indonesia kerja sama UIN Jakarta, UIN Jambi, dan salah satu kampus di wilaya timur Indonesia. Prof. Asep juga mengungkapkan kegembiraannya karena acara konferensi internasional telah berjalan dengan sangat baik.