UPB UIN Jambi Seleksi Beasiswa Timur Tengah, Mahasiswi ini Calon Penerimanya

UPB UIN Jambi Seleksi Beasiswa Timur Tengah, Mahasiswi ini Calon Penerimanya

HUMAS UIN SUTHA – Unit Pengembangan Bahasa (UPB) Language Centre UIN STS Jambi melaksanakan seleksi peserta penerima beasiswa Timur Tengah dari Kedutaan Besar Mesir 2022 (02/6/22).

 

 

Seleksi beasiswa ini merupakan Instruksi langsung dari kedutaan besar Mesir kepada lembaga pendidikan yang memiliki tenaga pendidik utusan dari Universitas Al-Azhar Mesir.

 

 

Berdasarkan data yang didapatkan, tertulis 36 lembaga pendidikan yang mengikuti seleksi beasiswa dari kedubes Mesir yang terdiri dari; 12 Universitas, 7 Madrasah Aliyah
dan 17 Pondok Pesantren.

 

 

Kegiatan seleksi beasiswa ini dilakukan dengan waktu yang cukup singkat, mulai pada 30 Mei hingga 2 Juni. Dalam beberapa hari ini saja sudah ada 70 orang peserta yang mendaftar untuk mengikuti seleksi, ucap Ustadz Izzat selaku Kepala UPB UIN.

 

 

 

Tahapan pada penerimaan beasiswa ini melalui proses seleksi secara tertulis dan secara lisan. Dari proses seleksi yang dilakukan beberapa hari ini terjaring 5 orang mahasiswa calon penerima beasiswa yakni;

1. Amalia Kartika (PBA)
2. Deni Kurnia (PM)
3. Yoga Ichlasul Amal (PAI)
4. Dimas Angga Dinata (PBA)
5. M. Reza Fahlevi (PBA)

 

 

Kelima mahasiswa peserta seleksi beasiswa ini melakukan seleksi ujian secara ketat, diawasi oleh Kedutaan Besar Mesir di Jakarta secara virtual dan dalam pengawasan dan penilaian langsung oleh Syeikh Sayyid Mohammad Zidan selaku dosen internasional dari Universitas Al-Azhar Mesir yang bertugas di UIN Jambi.

Setelah diakumulasi nilai test seleksi, mahasiswi Prodi Pendidikan Bahasa Arab Semester II atas nama Amalia Kartika mendapatkan jumlah skor tertinggi dan berhak mengikuti seleksi tahap selanjutnya pada Kedutaan Besar Mesir untuk Indonesia di Jakarta.

Kepala UPB menegaskan bahwa proses seleksi beasiswa ini merupakan mandat langsung dari Kedubes Mesir melalui tenaga pendidik (Dosen) yang bertugas di UIN atau lembaga pendidikan lainnya yang kemudian disampaikan kepada pimpinan UIN. UPB sebagai pelaksana seleksi ini ditunjuk berdasarkan instruksi dari Rektor melalui Wakil Rektor III.

_____________________________________________________
Redaktur: Azizi, S.Kom., M.Si
Editor: Maulana Abdul Ghaffar, S.IP