UPKK UIN SUTHA latih Mahasiswa Make Up untuk Wisuda

UPKK UIN SUTHA latih Mahasiswa Make Up untuk Wisuda

HUMAS UIN SUTHA – Unit Pengembangan Kewirausahaan dan Karir UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi kembali melakasanakan pelatihan kelas kecantikan dengan tema “Flawess Make Up For Graduation” yang bertempat di Aula Rektorat Lt.III Kampus II UIN SUTHA (21/09/22).

 

Kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 45 Mahasiswi UIN Jambi yang berasal dari masing-masing Fakultas. Setiap Fakultasnya berhak mengirimkan peserta sebanyak 2 tim yang terdiri dari 4 orang mahasiswi.

 

Pelaksanaan kegiatan ini dibuka langsung oleh Ibu Sri Ilham Lubis,L.C.,M.A selaku Kepala Biro AUPKK mewakili Rektor. Turut dihadir pula para Wakil Dekan III, Kepala Pusat Bisnis dan beberapa Kaprodi pada kegiatan ini. Dalam sambutannya Kepala Biro menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan yang dilaksanakan UPKK ini. Selain ini sebagai langkah untuk menyiapkan skill para mahasiswi dan bisa menjadi bekal mereka mematangkan diri sebelum menyandang status sebagai alumni nanti.

Beliau berpesan kepada para mahasiswi yang mengikuti kegiatan ini agar memunculkan nilai cantik tersebut tanpa harus menimbulkan kesan menggoda, dalam artian bahwa cantik tersebut bisa dihasilkan tanpa harus merubah ciptaan yang telah diberikan oleh Allah SWT. Kegiatan ini kedepannya juga tidak menutup kemungkinan akan melibatkan para mahasiswa laki-laki tentunya dengan bidang sesuai kebutuhan. Misalkan salon rambut untuk laki-laki (barber shop).

 

Kegiatan ini merupakan pelaksanaan ditahun kedua setelah setahun sebelumnya mengangkat tema yang berbeda. Pada kegiatan ditahun ini turut berkolaborasi dengan Gallery Nadya yang merupakan usaha jasa make up dan sewa baju milik dari alumni UIN Sutha yang saat ini juga telah berkembang di Kota Jambi.

Kepala UPKK UIN Jambi, Mardalina, S.Ag., M.Ud menyampaikan bahwa pengambilan tema kegiatan pelatihan make up self bagi para mahasiswi tahun ini dengan fokus Flawess make up for graduation bukan tanpa alasan. Dalam satu tahun saja kita mengetahui bahwa ada 2000 lebih wisudawan yang lulus dari UIN Jambi, nah disana ada peluang pendapatan BLU yang kita lihat dan bisa dikembangkan oleh UIN Jambi melalui UPKK. Maka dari itu kita mempersiapkan mahasiswi UIN Jambi untuk menjadi SDM yang siap merias para wisudawan. Secara kesiapan alat make up saat ini kita cukup terpenuhi dan tentu beberapa diantaranya juga tetap perlu ditambahkan. Sejauh ini kita melaporkan bahwa UPKK memiliki keterbatasan tempat untuk adik-adik mahasiswi ini melaksanakan praktek make up dan menyimpan alat mereka didalam kampus. Semoga kedepannya ketika kita semua pindah ke bangunan baru UIN mendapatkan space lokasi yang dapat mendukung kegiatan mahasiswi yang tentu akan berdampak pada income BLU UIN.

 

Selain memberikan pelatihan teori dan praktek secara langsung, pihak UPKK memberikan apresiasi kepada tim dengan hasil make up yang baik, yakni:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
MUA : Andi Gusri Mustika (PAI)
MODEL : Siti Maharani

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
MUA : Nurasiah Delka
MODEL : Yeni Kurnia. S

Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama
MUA : Cici Maisari
MODEL :Cici Nur Hasanah

 

Kegiatan ini selain menjadi wadah pembekalan dan pematangan skill bagi mahasiswi, ini juga akan bermuara sebagai bentuk support dari UPKK terhadap visi dari Rektor UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi dalam meningkatkan pendapatan BLU serta meningkatkan kemampuan enterpreunership para peserta. Secara konsistensi kita terus berupaya memberikan dampak pemasukan kepada BLU UIN yang diharapkan 10% diluar UKT, sampai saat ini UPKK terus melakukan pendampingan dan pembinaan kepada KOPMA dan Cinema UIN dalam memberikan kontribusi kepada BLU, tutup Kepala UPKK.