Webinar Michigan State University USA bersama UIN Jambi

Webinar Michigan State University USA bersama UIN Jambi

Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi bersama dengan Michigan State University (MSU) Amerika Serikat menggelar Webinar, Jum’at (17/09/2021). Ini adalah salah satu bentuk kerjasama yang  diwujudkan melalui “Virtual Lecturer Exchange.”

Nantinya , dosen-dosen di MSU akan memberikan materi pada acara webinar di setiap bulan, demikan juga dosen UIN STS  Jambi akan menjadi dosen tamu secara virtual pada kelas di MSU.

Webinar pertama menghadirkan Prof. Siddarth Chandra (Director, Asian Studies Center, MSU, United States of America). Dalam kesempatan ini, mengangkat topik tentang “Mortality from the Influenza pandemic of 1918-19 in Indonesia: from NOW (Covid-19) and THEN (1919-19)”.

Prof. Siddarth Chandra adalah mantan presiden American Institute for Indonesian Studies (AIFIS). Selain aktif mengajar, Prof. Chandra juga menduduki posisi sebagai direktur Asian Studies MSU. Minat penelitiannya meliputi perilaku dan kebijakan yang berkaitan dengan zat adiktif, persinggungan demografi, ekonomi, kesehatan, dan sejarah di Asia, serta penerapan teori portofolio ke bidang di luar keuangan, yang menjadi asal mula teori tersebut dikembangkan.

Melalui aplikaso zoom dan diikuti 255 peserta, Prof. Siddarth Chandra memaparkan hal-hal yang menjadi aspek pandemic Influenza yang terjadi pada tahun 1918 di Pulau Jawa dan wilayah lain di seluruh dunia.

Prof. Chandra menggunakan analisis data komparatif dari Jawa, India, Amerika Serikat, serta negara-negara lain untuk memberikan wawasan tentang global pandemi pada saat itu.

Prof. Chandra juga akan membahas tingkat kematian yang besar yang terjadi di pulau Jawa pada saat itu. Kajian ini menjadi sangat penting karena kita dapat memperoleh tambahan informasi tentang kebijakan yang mungkin dapat meminimalisir dampak Covid-19 saat ini.

Rektor UIN STS Jambi, Prof. Dr. H. Su’aidi, MA.,Ph.D menyambut gembira webinar  ini. “Ini merupakan kolaborasi dan kerjasama yang luarbiasa antara MSU dan UIN STS Jambi,”ungkapnya saat membuka kegiatan Virtual Lecturer Exchange.

Webinar Michigan State University USA bersama UIN JambiWebinar Michigan State University USA bersama UIN Jambi