UPKK UIN SUTHA LAKSANAKAN WORKSHOP PRAKERJA

UPKK UIN SUTHA LAKSANAKAN WORKSHOP PRAKERJA

HUMAS UIN SUTHA – UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi melalui Unit Pengembangan Kewirausahaan dan Karier (UPKK) melakukan pembinaan bagi mahasiswa dan calon alumni melalui Workshop Prakerja dengan tema “Mempersiapkan Karier Setelah Sarjana dan Membangun Personal Branding melalui CV” (29/06/22).

 

Kegiatan yang diikuti sebanyak 45 peserta ini merupakan mahasiswa dan calon alumni yang akan segera wisuda pada Juli nanti dan berasal dari berbagai fakultas.

 

Saat menyampaikan sambutannya, Mardalina,S.Ag.,M.Ud selaku Kepala UPKK menyampaikan bahwa Workshop Prakerja ini merupakan bentuk pendampingan untuk memberikan penguatan diluar kegiatan akademisi yang selama ini telah diterima saat berkuliah untuk menghadapi dunia kerja. Beliau juga menegaskan bahwa selain dari apa yang dilaksanakan hari ini, UPKK juga berperan dalam pendampingan wirausaha dan karier/profesi kepada mahasiswa maupun alumni.

 

Selain itu, yang kita harapkan dari workshop ini memberikan pengetahuan tentang bagaimana yang harus dihadapi para calon alumni untuk melamar pekerjaan, tips-tips yang ingin kita dalami hari ini untuk memberikan pemahaman kepada calon alumni untuk mempersiapkan diri menuju karier. Kegiatan ini juga nantinya akan bermuara pada peningkatkan kualitas dan kuantitas akreditasi kampus dalam rangka mendukung proses terkait dengan dokumen data kegiatan mahasiswa dan keberadaan alumni.

 

Narasumber pada kegiatan Workshop ini bekerjasama dengan PT.INNERQ merupakan pihak konsultan psikolog yang dipercaya menjadi tim penilaian dalam proses perekrutan oleh beberapa BUMN dan beberapa perusahaan swasta di Jambi dengan pembicara Desi Astanty. S.Psi, Psikolog. dan PT.Mitra Niaga Jambi merupakan perusahaan yang bergerak dibidang developer dengan pembicara Khotib Umami Habibi., S.Pd, MM.

Sebelum membuka acara ini secara resmi, Dr. Bahrul Ulum, M.A selaku Wakil Rektor III mengawali sambutannya dengan menyampaikan bahwa tantangan para alumni saat ini lebih berat dari yang kami hadapi dimasa lalu. Persaingan yang dihadapi hari ini selain bersaing sesama sarjana, kita juga bersaing dengan perkembangan teknologi.

 

Bahwa indeks perguruan tinggi dianggap maju diukur dari seberapa banyak alumninya menjadi pekerja dan berkarier. PTKIN ataupun PTN dituntut berpacu untuk menciptakan alumni yang siap menjadi sarjana siap kerja. Maka untuk menghadapi hal itu ada 2 skill yang harus kita miliki untuk bisa bekerja, seperti softskill dan hardskill. Softskill yang dimaksud yakni:

 

  1. Komunikasi, kemampuan komunikasi yang penting seperti cara bicara, cara menanggapi orang lain agar tidak tersinggung dengan ucapan kita;
  2. Mampu bekerjasama (teamwork) kita harus mampu membuka diri dengan siapapun yang bisa diajak bekerja dalam satu tim;
  3. Kritis, berpikir kritis ketika anda aktif dikelas, aktif bertanya dan diskusi membuat anda menjadi berpikir kritis;
  4. Adaptasi, berdaptasi adalah point yang paling penting tentang bagaimana kita bisa cepat menyesuaikan diri dengan lingkungan;
  5. Manajemen waktu, manfaatkan waktu yang baik dengan benar-benar belajar dan menimba pengalaman selain ilmu yang didapatkan di kelas karena ketika anda melanjutkan S2 dan S3 nanti atmosfernya tidak lagi sama, karena saat S1 ini adalah masa keemasan; dan
  6. Networking, memperkuat jaringan dengan orang-orang disekitar.

 

Menutup sambutannya, Wakil Rektor III berpesan kepada peserta yang mengikuti kegiatan ini agar dapat menyerap ilmu yang disampaikan secara maksimal dan juga memberikan semangat kepada para calon alumni yang ikut sebagai peserta untuk wajib sukses setelah menjadi seorang sarjana. Tutup beliau sekaligus membuka acara workshop ini secara resmi.
__________________________________________________________________

Redaktur: Azizi, S.Kom., M.Si

Editor:Maulana Abdul Ghaffar, S.IP