Penutupan Asesmen Lapangan Prodi TBI FTK UIN STS

Penutupan Asesmen Lapangan (AL) program studi tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin (STS) Jambi berlangsung hangat. Asesor dari Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (Lamdik), Prof. Dr. Ratna Sari Dewi, M.Pd dan Dr. Lulu Laela Amalia, M.Pd turut menghadiri kegiatan ini.

Prof. Dr. Ratna Sari Dewi Dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam hal memberikan pengajaran kepada mahasiswa Tadris Bahasa Inggris untuk membuat mekanisme pengajaran tidak terpaut dengan teknologi.
“Mengingat sebagai calon guru, harus memahami berbagai metode termasuk metode konvensional menggunakan papan tulis hitam dan kapur,” ujarnya.

Prof. Dr. Ratna Sari Dewi juga menekankan pentingnya memberi motivasi keterampilan bahasa inggris yang terampil. Serta semangat untuk belajar karena tidak hanya dalam kelas melainkan juga bisa diterapkan di luar kelas.

Senada dengan rekannya, Dr. Lulu Laela Amalia, anggota tim asesor lainnya, juga berharap dapat memberikan kesempatan praktik belajar secara langsung. “Dengan fasilitas yang sudah memadai dan canggih, saya harap tidak hanya memberikan praktek di ruangan saja melainkan juga di luar kelas,” ungkap Dr. Lulu Laela Amalia.

Teori teori pembelajaran bagi mahasiswa tadris sudah sesuai dengan LED yang di sediakan. Terlebih UIN STS Jambi harus memastikan pendidikan terwujud dengan baik di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. “Melihat kondisi pembelajaran Prodi Tadris Bahasa Inggris, semoga sesuai harapan kita, bisa unggul,” ujarnya.

Rektor : Penutupan AL, Optimis Unggul

Rektor UIN STS Jambi yang diwakili oleh Wakil Rektor III, Dr. Jamaluddin, M.Pd, menyatakan bahwa rangkaian asesmen lapangan sudah selesai. “Semoga apa yang kita harapkan dapat terwujud. Semoga apa yang kita upayakan memberi hasil maksimal,” katanya di Amphiteater lantai VI rektorat.

Dr. Jamaluddin menekankan bahwa akreditasi bertujuan untuk memotret dan mengukur kinerja yang telah dilaksanakan. UIN STS Jambi sangat beruntung mempunyai Rektor yang senantiasa mensupport agar visi misi program studi bisa unggul. “Saya semakin optimistis UIN STS Jambi akan memperoleh akreditasi unggul, dengan capaian akreditasi yang sudah ada,” tambahnya.

Dalam pelaksanaan asesmen lapangan yang berlangsung selama dua hari tanggal 3 – 4 Juni 2024. Dr. Fadlilah, M.Pd, Dekan FTK mengajak semua pihak untuk mendukung Rektor UIN STS Jambi. “Mari kita dukung Pak Rektor agar UIN STS Jambi bisa unggul,” kata Dr. Fadlilah.

Dengan berakhirnya asesmen lapangan ini, semoga Prodi Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN STS Jambi dapat mencapai predikat unggul. Dengan demikian membuktikan kualitas Pendidikan Bahasa Inggris UIN STS Jambi. (*)