UIN STS Jambi Gelar Bimbingan Teknis Aplikasi e-Kinerja

UIN Sulthan Thaha Saifuddin (STS) Jambi menggelar bimbingan teknis aplikasi e-kinerja yang diikuti oleh 300 orang aparatur sipil negara (ASN). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman ASN UIN STS Jambi dalam menggunakan aplikasi e-kinerja. Hal ini guna mendukung optimalisasi pekerjaan dan pencapaian target kinerja.

Bimbingan teknis ini diadakan selama dua hari tanggal 4 – 5 Juni 2024. Dan menghadirkan narasumber dari Biro Kepegawaian Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia, Haerul Umam, S.Kom.

Wakil Rektor II UIN STS Jambi, Dr. H. Zikwan, M.Ag, secara resmi membuka kegiatan bimbingan teknis ini dengan penuh semangat dan optimisme. Dalam sambutannya, Dr. Zikwan menekankan pentingnya pemahaman yang mendalam tentang aplikasi e-kinerja bagi seluruh ASN di lingkungan UIN STS Jambi. “Penilaian kinerja telah mengalami perubahan dari masa ke masa. Jika dulu kita mengenal DP3, kemudian SKP. Saat ini, aplikasi e-kinerja yang kita gunakan untuk mengukur dan mengevaluasi kinerja pegawai secara objektif dan transparan,” ujarnya.

Dr. Zikwan juga menambahkan bahwa kegiatan bimbingan teknis ini semoga dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja ASN di UIN STS Jambi. “Dengan pemahaman yang baik tentang aplikasi e-kinerja, para ASN dapat bekerja lebih optimal dan mencapai target kinerja yang telah ada,” lanjutnya.

Kegiatan ini juga merupakan bagian dari upaya UIN STS Jambi dalam mendukung program pemerintah. Dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui penggunaan teknologi informasi.

Kepala Biro AUPK, Dr. Hj. Sri Ilham Lubis, Lc., M.Pd menyampaikan yang menjadi dasar hukum penggunaan e-kinerja. “Peraturan pelaksanaan penggunaan e-kinerja berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 6 Tahun 2022,” jelasnya.

Pada hari pertama bimbingan teknis, narasumber dari Biro Kepegawaian Kemenag RI memberikan pemahaman mendasar mengenai aplikasi e-kinerja kepada peserta. Haerul Umam, memberikan penjelasan rinci tentang dasar-dasar penggunaan e- kinerja. Dia juga menjawab berbagai pertanyaan dari peserta yang ingin memahami lebih dalam mengenai implementasi aplikasi ini dalam pekerjaan sehari-hari.

Kegiatan bimbingan teknis aplikasi e-kinerja ini merupakan salah satu langkah konkret UIN STS Jambi dalam meningkatkan profesionalisme dan kompetensi para ASN-nya. Dengan adanya bimbingan teknis ini, diharapkan seluruh ASN di lingkungan UIN STS Jambi dapat semakin terampil dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung tugas-tugas mereka sehari-hari. Hal ini tentunya akan berdampak positif pada peningkatan kualitas layanan dan kinerja UIN STS Jambi secara keseluruhan. (*)