Pusat Halal LPPM UIN STS Jambi

Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LP3H) menghadiri Rakornas di Jakarta

Pusat Halal LPPM UIN STS Jambi melalui koordinatornya Dr. Bambang Husni Nugroho mengutus sekretaris LP3H, Sean Popo Hardi, M.Hum untuk mengikutii rapat koordinasi nasional. Hotel Aston Pluit, Jakarta Utara menjadi tempat pelaksanaan Rakornas pembinaan LP3H selama tiga hari. Acara ini berlangsung dari tanggal 6-8 Juni 2024 yang membahas tentang Regulasi dan Kebijakan Sertifikasi Halal. Selain itu juga membahas Progres Sehati, Fasilitator Sertifikat Halal dari Pemda dan Swasta serta permasalahan LP3H lainnya.

Kepala Pusat Pembinaan dan Pengawasan JPH, Dzikro membuka acara rakornas ini .” Ia menyampaikan bahwa pentingnya pengawasan terhadap sertifikat halal jalur self declare yang diterbitkan. “Penerbitan sertifikat jalur self declare harus berdasarkan mekanisme verval dan kurasi yang benar. Jangan sampai sertifikat yang terbit ternyata tidak sesuai dengan syarat self declare yang ada,” lanjutnya.

Rapat koordinasi nasional ini juga membahas bagaimana penguatan LP3H dan LPH untuk menciptakan ekosistem halal di daerah masing-masing. Hal itu bertujuan untuk mempercepat sertifikasi produk bersertifikat wajib halal sebelum bulan Oktober 2024 untuk wajib halal jalur reguler dan tahun 2026 untuk jalur self declare. Salah satu caranya dengan mencari fasilitator baik dari Pemprov/Pemda, Bank dan pihak swasta lainnya.

Kepala BPJPH, Dr. M.Aqil Irham dalam paparannya menyampaikan pentingnya pengurus LP3H memiliki wawasan bisnis dan tim yang hebat. Hal itu demi tercapainya ekosistem halal termasuk upaya mencari fasilitator untuk usaha mikro produk makanan dan minuman. Jika jumlah pelaku usaha yang memperoleh sertifikasi secara gratis dengan fasilitas dari berbagai pihak, maka cita-cita Indonesia menjadi negara halal nomor satu dunia akan segera tercapai tanpa sepenuhnya menggunakan dana APBN, lanjutnya. Rakornas ini mengundang 83 LP3H baik dari PTKIN maupun Swasta dari seluruh Indonesia yang memiliki capaian kinerja yang baik. Perwakilan LP3H UIN Jambi yang hadir, Sean Popo Hardi, M.Hum mengatakan bahwa LP3H UIN Jambi siap meningkatkan kinerja lembaga dengan berbagai strategi yang sudah dan akan disiapkan bersama tim kerja dan pimpinan yang responsif dan akomodatif.