Wakil Rektor III UIN STS Jambi Ikuti Sosialisasi Kebijakan dan Regulasi PDLN

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Dr. Jamaluddin, M.Pd,, menghadiri agenda penting di Makassar, Sulawesi Selatan. sosialisasi Kebijakan dan Regulasi Perjalanan Dinas Luar Negeri (PDLN) dan penggunaan aplikasi SIMPEL untuk pengurusan perjalanan dinas luar negeri, Selasa (28/05) kemarin.

perwakilan dari berbagai perguruan tinggi keagamaan Islam negeri (PTKIN) mengikuti acara ini. Sosialisasi ini bertujuan untuk mempermudah proses perjalanan dinas luar negeri bagi dosen, peneliti, dan tenaga kependidikan di lingkungan PTKIN.

Sosialisasi menghadirkan dua narasumber berpengalaman. Narasumber pertama adalah Annys Zaidha Dahlia Dina, Analis Kebijakan Ahli Muda. Ia menyampaikan materi tentang Kebijakan dan Regulasi Perjalanan Dinas Luar Negeri.
“Semua pegawai yang akan melakukan perjalanan dinas ke luar negeri harus mematuhi aturan ini,” Annys menjelaskan berbagai aturan dan prosedur.

Narasumber kedua adalah Dani Ismayana dari Biro KTLN Kemensetneg. Dani memaparkan materi mengenai aplikasi Sistem Informasi Manajemen Perjalanan Luar Negeri (SIMPEL), sebagai alat perizinan. Aplikasi SIMPEL untuk memudahkan proses perizinan perjalanan dinas luar negeri. Melalui aplikasi ini, pegawai dapat mengajukan izin perjalanan, mengatur jadwal, dan melacak status perizinan mereka secara online.

Aplikasi SIMPEL juga memiliki fitur layanan untuk warga negara asing yang akan bertugas di Indonesia. Selain itu, aplikasi ini memberikan layanan bagi warga negara Indonesia yang akan bertugas ke luar negeri. Fitur-fitur ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam pengurusan perjalanan dinas luar negeri.

Tuan rumah sosialisasi mengucapkan terima kasih

Rektor UIN Alauddin Makassar, Prof. Drs. Hamdan Juhannis, M.A, Ph.D, selaku tuan rumah sosialisasi mengucapkan terima kasih kepada semua peserta yang hadir dari berbagai PTKIN di bawah naungan Kementerian Agama. Prof. Hamdan berharap, melalui sosialisasi ini, proses perjalanan dinas luar negeri menjadi lebih mudah dan efisien.

Dalam sambutannya, Prof. Hamdan juga menekankan pentingnya kolaborasi dan koordinasi antar lembaga dalam mengimplementasikan kebijakan dan regulasi perjalanan dinas luar negeri. Ia berharap, aplikasi SIMPEL dapat menjadi solusi praktis dalam memfasilitasi perjalanan dinas luar negeri bagi semua pihak yang terlibat.

Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan semua pihak terkait dapat memahami dan memanfaatkan aplikasi SIMPEL dengan baik. Hal ini dapat meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam pengurusan perjalanan dinas luar negeri. (*)