Rektor : Akreditasi Unggul Adalah Cerminan Dari Kualitas Kampus

Universitas Islam Negeri (UIN) Sulthan Thaha Saifuddin (STS) Jambi melaksanakan asesmen lapangan untuk Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Asesmen ini merupakan langkah penting dalam upaya mencapai akreditasi unggul, Kamis (30/05).

Rektor UIN STS Jambi, Prof. Dr. As’ad, M.Pd., menyampaikan dukungan penuh terhadap kegiatan asesmen ini. Dalam sambutannya, Prof. As’ad mengajak seluruh sivitas akademika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan untuk berdoa dan mengupayakan segala upaya terbaik. Guna mencapai akreditasi unggul. “Akreditasi unggul adalah cerminan dari kualitas kampus yang kita tawarkan. Saya berharap seluruh dosen, staf, dan mahasiswa dapat memberikan kontribusi terbaiknya dalam proses asesmen ini,” ujar Prof. As’ad.

Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Dr. Fadlilah, M.Pd, juga memberikan apresiasi yang tinggi atas dukungan dari rektor dan seluruh pihak yang terlibat. “Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Rektor UIN STS Jambi, Prof. As’ad, atas dukungannya yang luar biasa. Tanpa ragu, beliau berkata apapun akan saya penuhi untuk mencapai unggul,” ungkap Dr. Fadlilah.

Dr. Fadlilah juga menambahkan bahwa persiapan yang matang oleh tim task force guna menyambut asesmen ini dengan sebaik mungkin. ”Dapat dilihat hari ini, semua sudah disiapkan sebaik mungkin. Bahkan grup tari, kita tidak perlu sewa, karena PIAUD memiliki mahasiswa multitalenta,”tambahnya.

Proses asesmen lapangan ini menghadirkan asesor dari Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK), yaitu Dr. Rohimi Zamzam, S.Psi., M.Pd., Psikolog dan Dr. Suci Utami Putri, M.Pd. Kedua asesor tersebut memiliki pengalaman dalam bidang pendidikan PIAUD. Semoga kedua tim asesor dapat memberikan masukan yang membangun untuk meningkatkan kualitas program studi PIAUD.

Dr. Rohimi menyatakan bahwa tujuan utama dari asesmen ini adalah untuk mengevaluasi. Sejauh mana program studi PIAUD memenuhi standar kualitas yang telah ditetapkan. “Kami di sini untuk memvalidasi dan verifikasi, apakah standar yang tertuang dalam LED sudah sesuai. Dan akan memberikan rekomendasi yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan di sini,” jelas Dr. Rohimi.

Selama proses asesmen, asesor akan mengevaluasi berbagai aspek, mulai dari kurikulum, kompetensi dosen, fasilitas, hingga keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan akademik dan non-akademik. Dr. Suci Utami Putri menambahkan bahwa asesmen ini juga akan melihat sejauh mana program studi sudah mengerjakan apa yang tertulis dalam LED.

Dengan adanya asesmen lapangan ini, diharapkan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi dapat meraih akreditasi unggul. Serta terus berkomitmen dalam memberikan pendidikan yang terbaik bagi para mahasiswanya. (*)

DSC01179
DSC01198
Rektor
WhatsApp Image 2024-05-30 at 15.02.09
DSC01179
DSC01198
Rektor
WhatsApp Image 2024-05-30 at 15.02.09